• Trip Ranu Kumbolo (part 1)


    Ranu Kumbolo Merupakan Danau Gunung yang terletak di pengununggan taman nasional bromo tengger semeru tepatnya di kaki gunung semeru di kabupaten lumajang. ranu kumbolo merupakan danau tertinggi di pulau jawa yaitu 2400 mdpl.




    Dan inilah sedikit cerita yang bisa saya ceritakan saat saya berpetualang kesana. sebelumnya sudah 3x berencana k danau ini, tapi bari niatan ke 3 yang terwujud. berencana dengan 5 orang sebelumnya. yaitu om azis, om rifky, om joko dan yuk reeka. tetapi menjelang keberangkatan om joko terpaksa mundur karena ada acara dadakan. alhasil kita cuma berempat saja. perjalanan kami mulai dari terminal bungurasih surabaya karena om azis, om rifky dan yuk reeka memilih untuk naek kendaraan umum sedangkan saya di temani si BeTe (touring). setelah kami ber4 bertemu di terminal bungurasi pada hari jum'at malam sekitar jam 21an. dan mereka ber3 berangkat naik bus. dan kami janjian di terminal arjosari - malang.


    sekitar jam 23 lebih kami sampailah di terminal arjosari - malang. dan menunggu angkot untuk ke pasar tumpang - malang. karena sudah larut malam hasilnya agak lama nunggu angkotnya berangka karena penumpangnya cuma ber3 saja. setelah beberapa lama pak sopir menawari untuk berangkat dengan tarif 2x dari biasanya. setelah mempertimbangkan akhirnya berangkat lah si angkot tersebut menuju tumpang. sekitar jam 1 dini hari sampai lah kami di kota tumpang - malang. dan kami mempersiapkan bekal (logistik) untuk  keperluan kami nanti di ranukumbolo. berhenti di sebuah minimarket untuk membeli logistik seperti air mineral, susu, kopi, mie, dll. setelah semua logistik di rasa cukup tidak lama kemudian truck nya pak Laman datang untuk membawa kami istrahat di rumahnya.

    
    
    dan kami pun istrahat untuk meneruskan perjalanan esok harinya. sekitar jam 3an terdengan suara beberapa orang di depan rumah pak laman. ternyata ada rombongan lain yang akan berangkat menggunakan kendaraan pak laman. ternya mereka juga dari surabaya. setelah itu kami pun tidak bisa tidur lagi dan memilih untuk keluar dan menata barang barang kita. pak laman pun mengajak berangkat subuh. tetapi karena surat surat kelengkapan untuk ijin mendaki belum di foto copy akhirnya kami menunggu foto copy dulu. sekitar jam 5.30an kami mengetuk ruma tukang foto copy dan alhamdulillah di bukakan. karena dekat degan pasar tumpang kami sekalian belanja sayur sayuran. setelah semua lengkap akhirnya saya berangkat bersama si BeTe menuju ranu pani. sedangkan teman teman naik hartopnya pak laman.

    karena bertepatan dengan adanya shuting film 5cm yang kebetulan sudah sampai di ranupani. ketika kami berhenti untuk berfoto di per3an jomplangan arah ke bromo, kami bertemu dengan sutradara film 5cm rizal matovani. kami pun tidak mau melewatkan kesempatan untuk berfoto ria dengan beliau. beliau orangnya ramah sekali. setelah uas berfoto2 di sekitar situ kami melanjutakan perjalanan ke ranu pani. sampai ranu pani sekitar jam 9an. karena di tumpang kami belum mengurus perijinan untuk mendaki, kami pun harus mengurus perijinan di ranu pani.

    dan disini lah pendakian akan segera di mulai, perjalanan menuju ranu kumbolo akan menempuh perjalanan dengan waktu kurang lebih 5 jam, maklum pendaki pemula.....

    sampai di sini dulu cerita saya, nanti di lanjutkan lagi. tanggan sudah capek ngetik solanya.....

    bersambung.......



    4 komentar:

    1. asyik banget broo

      BalasHapus
    2. Mantaaaaaaaaaaaaaabbb! Ketemu si cantik itu gak yg di 5cm :)

      BalasHapus
    3. saya kebetulan gk ketemu mbak mbak yg cantik itu. cm ketemu om rizal aja

      BalasHapus