• Africa Van Java "The Little Africa"


    Sebutan Afrika Van Java adalah nama lain dari Taman Nasional Baluran, Kawasan Tanam Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur dengan batas - batas wilayah sebelah utara Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, Desa Wonorejo dan sebelah barat Sungai Klokoran, Desa Sumberanyar.


    Hanya dengan Membayar Rp. 2.500,- untuk setiap orang dan Rp. 3.000,- untuk kendaraan roda 2.  sangatlah murah untuk menikmati exotisme alam yang begitu lengkap.







    Memasuki kawasan taman nasional baluran ini memang lumayan panjang alias jauh untuk sampai pos bekol kita harus menempuh jarak 9 km dan 12 km ke pantai bama. dan selepas pintu gerbang jalan yang harus kita lewati adalah aspal rusak dengan krikil krikil liarnya yang bisa membuat roda terpeleset kalau kita tidak berhari hti dan 3 km menuju pantai bama dari bekol kita melewati jalan bebatuan. Kawasan Taman Nasional Baluran ini merupakan wisata alam yang bisa di katakan sangat lengkap, yaitu :
    Hutan
    Kawasan hutan akan menyambut kita selepas pintu gerbang Taman Nasional Baluran sepanjang 5 Km sebelum pos bekol, hutan ini di kenal sebagai evergreen forest yang tak pernah kering sepanjang tahun, alias selalu nampang hijau walaupun musing kemarau.




    Pegunungan
    Di dalam kawasan ini terdapat gunung yang di sebut gunung baluran, karena itu pula nama nya juga di gunakan sebagai nama taman nasional ini.



    Savana
    Savana ini bisa kita nikmati di pos bekol, dengan menara pandang kita bisa melihat luasnya savana taman nasional baluran. dan di savana ini lah taman nasional baluran seakan berubah menjadi suasana ala afrika.




    Laut.
    taman nasional baluran ini berada di daerah pesisir laut dan pantai yang menjadi tujuan utama adalah pantai Bama karena bisa di akses dengan kendaraan. untuk ke pantai yang lain bisa menggunakan perahu atau jalan kaki menyusuri pepohonan bakau.





    0 komentar:

    Posting Komentar