• Kesatria Kawah Ijen


    Pada Kesempatan kali ini saya yang saya bahas adalah para kesatria dari kawah ijen ( penambang Belerang ). mengapa saya memberikan judul tersebut karena bagi saya mereka lebih pantas di sebut kesatria khususnya bagi keluarga mereka. karena untuk menambang belerang di kawah ijen tidaklah mudah. dengan perjalanan menanjak kurang lebih 4 Km dengan dan lokasinya berada ke ketinggian 2368 mdpl.

    Para kesatria penambang belerang itu setiap harinya minimal 2 kali melakukan penambangan dan pengangkutan dari kawah (lokasi penambangan) menuju pos pengepulan ( paltidung ). meraka mengangkut belerang menggunakan engkrek (karena saat memikul belerang terdengar suara krek krek krek) jadi mereka menyebutnya engkrek. dengan rata rata berat yang mereka bawah 75 Kg dan engkreknya sendiri memiliki berat 4 Kg. dan harga belerang per Kg nya cuma seharga 600 rupiah. bayangkan betapah besar jerih payah mereka cuma dihargai segitu. jadi rata2 penghasilan per hari mereka adalah 90.000 rupiah. padalah saya tanpa beban apa apa untuk menuju ke kawahnya membutuhkan waktu kurang lebih 1.5 jam - 2 jam.




    Sungguh sebuah pengorbanan yang sanggat besar untuk keluarga mereka. hasil keringat mereka tentunya lebih bernilai dan berharga. bahkan di hadapan tuhan yang maha esa pun nilai pegorbanan mereka lebih besar dari pada saya yang cuma duduk di depan komputer dengan ruangan yang dingin dan ber AC.




    Semoga Postingan ini mengispirasi anda untuk menghargai jasa jasa orang tua kita. menghargai betapa besar pengorabanan mereka untuk kita. jadilah anak yg senantiasa berbakti kepada kedua orang tua.
    sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya.

    2 komentar:

    1. Melihat mereka, gw jadi belajar untuk terus bersyukur akan hidup yang di berikan :)

      BalasHapus
    2. mantapppsss

      BalasHapus