• Penanjakan Satu (Bromo)


    Berulang kali sudah ke kawasan bromo tapi belum satupun saya bercerita di blog ini, mungkin pada kesempatan kali ini saya akan berbagi petualangan saat menanti sunrise di penanjakan satu. karean bromo tidak terlampau jauh dari kota gresik (4-5 jam perjalanan roda 2) perjalanan santai. biasanya saya start dari gresik sore atau malam. yaw biar sampai di penanjakan dini hari dan langsung melihat sunset. Memang sih agak maksain stamina, karena pulangnya pasti lelah dan ngantuk. tapi kalau di perjalanan penyakit itu menyerang tak perlu khawatir langsung saja mencari tempat yang teduh (masjid, SPBU, dll) buat beristirahat sejenak untuk menghilangkan lelah atau kantuk.
    Waktu untuk berangkat yang ideal kalau dari gresik sekitar jam 21 atau jam 22, sehingga sampai di penanjakan satu sekitar jam 03 dini hari, dan tak perlu nunggu lama untuk menanti sunrise, sambil nunggu di sekitar penanjakan satu banyak warung warung yang menjajahkan kopi atau gorengan untuk mengisi perut. itu kalau mau mengirit budget tapi kalau mau berangkat pagi tenang saja di penanjakan banyak penginapan, home stay yang terjangkau. harganya mulai 100 rb - 150 rb /kamar atau 200 rb -350 rb  /rumah. tentunya pandai pandai lah menawar terlebih dahulu biar dapat harga murah.
    Dan untuk rute perjalanannya sendiri ada 2 alternatif yaitu lewat nongkojajar atau pasuruan kota.kalau jalannya sih sama saja namanya juga jalan di gunung pastinya berkelok kelok dan naik turun tapi jalan dengan rute pasuruan kota rata rata aspalnya lebih bagus dari pada jalan yang lewat nongkojajar.
    Dari pos wonokitri kita cukup membayar Rp. 6.000,- / orang dan Rp. 2.000,- / motor itu sudah termasuk tiket masuk kawasan taman nasional bromo tengger semeru (TNBTS), tapi belum termasuk parkir motor (Rp. 5.000,- / motor). menanti sunset di penanjakan satu memang sangat indah dan viewnya juga pas. di sini pastinya sangat rame pengunjung apa lagi pas hari libur, pasti penuh view point di penanjakan satu. dan saat mentari mulai menampakkan wujudnya saat saat kemunculannya itu lah yang kita semua menunggunya, dan memang luar biasa indah. dan gelap mulai terusir oleh cahaya matahari pemandangan sekitar penanjakan satu sungguh indah. setelah puas menikmati sunrise dan view bromo dari penanjakan satu saatnya meluncur ke gunung (kawah) bromo dengan melewati lautan pasir (kaldera). dari penanjakan satu menuju lautan pasir kita harus berhati hati karena turunannya sangat curam dan menikung tajam, di tambah banyak kendaraan yang lewat dan jalannya juga tidak terlalu lebar. selepas turunan kita harus menari nari di lautan pasir untuk menuju gunung bromo.

    beberapa gambar saya bisa saya abadikan dari beberapa moment di penanjakan 1





















    7 komentar:

    1. Pondok pertaniaan tanjung terletak di dukuh: Tanjung rt.03. rw.03.(KM 99) desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya)
      @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
      @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- / malam.

      *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt . . 6 mobil,. kebun sayur.
      *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
      *.bisa dimasakan menu sederhana Rp.20.000,- 1x.makan. (.bisa nego dgn ibu Sulis.)

      # untuk informasi hub: 085608326673 - 081249244733 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).

      BalasHapus
    2. foto-fotonya bikin envy!! i wish i could go there asap

      BalasHapus
    3. klo ada niat insya allah akan segera tercapai. mungkin bulan mei adalah puncak keindahan bromo. Hijau dan cuaca lebih kondusif

      BalasHapus
    4. berapa lama perjalanan hingga ke puncaknya?

      BalasHapus
    5. pling gk sejam lah dr parkiran jeep, klo parkiran motor pling sekitar 45 menit smpek puncak.

      BalasHapus
    6. saya dua kali kesana masih belum jodoh ama sunrisenya...rencana mau kesana lagi tapi lewat pasuruan - tumpang...kalo dari pasuruan bisa langsung akses ke penanjakan 1 y??rutenya gimana?

      BalasHapus
    7. klo dr pasuruan atau nongko jajar itu langsung tembus wonokitri penanjakan 1, akses cukup enak, klo lewat tumpang langsung keluar savana (bukit teletubbies) akses jalan cukup menantang

      BalasHapus