• Alen Jelen Ka Madura (Bukit Kapur Batu Putih)


    setelah bermalam di pantai lombang, dan pagi itu kami membereskan perlengkapan camping dan sarapan pagi ala kadarnya sebelum melanjutkan destiantion berikutnya yaitu bukit kapur, batu putih yang masih berada di kabupaten sumenep.





    masih sekitar satu jam dari pantai lombang untuk sampai di kawasan bukit kapur atau penambangan batu kapur. jalan yang kurang bagus alias rusak (berlubang) dan bebatuan harus kita lewati, melimpir di sisi utara pulau madura dengan panorama penmandangan yang luar biasa sepanjang jalan membuat perjalanan lebih seru dan mengasyikan. dan tak begitu terasa kalau sedang melewati jalan yang rusak :)



    subhanallah....sebuah pemandangan yang luar biasa negitu sampai di lokasi penambangan batu kapur. penambangan yang konon sudah berumur ratusan tahun ini membentuk sebuah keindahan tersendiri, dan akibat penambangan tersebut gunung atau bukit bukit kapur di sana menjadi terkikis bahkan bisa juga di bilang terbelah. batu batu yang di hasilkan di peruntukan sebagai bahan bagunan, biasanya untuk diding rumah atau pondasi.






    bukan tanpa resiko, tapi sebuh resiko besar yang menghantui para pekerja tambang, karena sewaktu waktu goa goa yang mereka buat bisa runtuh dan menimbun mereka. dan tentunya dampak lainya juga kerusakan alam sekitar. tapi terlepas dari semua itu, mereka lakukan hanya demi sesuap nasi dan nafkah bagi keluarga mereka.
    untuk menikmati panorama ini kita tak perlu mengeluarkan biaya karena gratis.






    4 komentar:

    1. waow, indah... sayang, itu hasil bukit kapur yang dirusak manusia,

      yang saya nggak habis pikir, kenapa disisakan satu bukit yang menjulang tinggi? Kalau di atasnya dibangun rumah, ntar bisa jadi kayak gini:
      http://www.mblusuk.com/472-PEKOK-Serbu-Rumah-Dhemit.html

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya, karya manusia yang indah tapi juga merusak alam yang pasti berdampak pada lingkungan sekitar

        Hapus