• Ranu Kumbolo, Surga di Lereng Gunung Semeru


    Berada di ketinggian 2400 Mdpl, ranu kumbolo nampak begitu mempesona, dikalangan para pendaki ranu kumbolo laksana pengobat lelah atau penyemangat untuk terus mendaki mencapai puncak tertinggi pulau jawa, Gunung Semeru. Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung yang berada di kawasan lereng gunung semeru dan masih berada di dalam kawsanan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).






    ranu kumbolo berjarak sekitar 10,5 Km dari pos perijinan ranu pane. biasanya saya tempuh sekitar 5-6 jam perjalanan. selah  melewati 4 pos peristirahatan. dan beberapa lokasi antara lain : Ladengan Dowo, Watu Rejeng, Ranu Kumbolo. boleh di bilang untuk mencapai ranu kumbolo tidak begitu susah, ikuti jalur pendakian dan tak terlalu banyak tanjakan hanya saat setelah melewati jembatan sebelum pos 3. kemudian selepas pos 3 juga cukup menanjak dan sebelum sampai ranu kumbolo.



    Ranu Kumbolo menjadi sebuah tempat peristirahatan bagi para pendaki gunung semeru, sebelum atau seduah muncak (mencapai puncak) lokasi ini adalah lokasi favorit para pendaki untuk berkemah sekaligus beristirahat. selain panorama alam dengan kecantikan yang indah, Ranu Kumbolo masih menyimpan banyak misteri.

    Panorama alam sekitar ranu kumbolo sangat indah, apa lagi saat bukan musim pendakian. sehingga tidak terlalu banyak pendaki yang camping di ranu kumbolo, sehingga menambah ketenangan ranu kumbolo. malam hari langit di atas ranu kumbolo akan menjadi lebih mempesona dengan penuh bintang bintang. menghiasi malam dengan sinar rembulan.

    di kala sang mentari akan menampakan wujudnya, saat saat itu lah yang biasanya di tunggu tunggu, keindahan sunrise ranu kumbolo begitu indah dan ceminan di permukaan ranu kumbolo yang cantik. sambil menunggu kehanggatn sinar mentari untuk menghangatkan tubuh yang mengigil kedinginan semalaman. karena ranu kumbolo begitu dingin bahkan bisa sampai suhu minus dan ber embuh es. jadi extra pakaian yang tebal untuk menghangatkan tubuh saat berada di ranu kumbolo.






    Masyarakat sekitar pun biasanya mencari sensai lain di ranu kumbolo dengan cara memancing, yaw memang harus extra sabar bahkan butuh berhari hari untuk bisa mendapatkan ikan di raku kumbolo, ya semua kembali pada faktor keberuntungan.

    Sekilas tentang ranu kumbolo, dan berikut adalah beberapa gambar yang pernah saya ambil saat menikmati keindahan ranu kumbolo.






    2 komentar: