• Mbolang Edisi Ranu Kumbolo 19-20 Oktober 2013 (2)

pendakian sejauh 10,5 km baru saja di mulai, namanya juga santai sambil jalan pasti sambil narsis. memang tak semua memiliki kekuatan fisik yang sama, yang pasti ada yang kuat dan ada ang ngos ngosan. tapi semua tetap semangat. canda tawa mengiringi perjalanan panjang ini, sesekali pun berhenti untuk melepas lelah. meskipun terbagi menjadi beberapa kelompok karena kalau saling menunggu nanti malah semua kelelahan. dan kebetulan saya kebagian di belakang karena semalaman belom tidur saya pun diserang katuk beberapa kali, dan berhenti untuk memejamkan mata 1-2 menit dan kembali lagi menyusul teman teman, dan tertidur lagi hingga cukup lama dan pas terbangun di samping ada bu erny dan mbak liyasari. ehhh ternyata mereka juga ikut ikutan tidur di jalan.

setelah beberapa jam perjalanan tepatnya mendekati watu rejeng, kami beristirahat kami tinggal bertiga di belakang. dan teman teman yang lain sudah duluan di depan bersama bang ardi dan teh fitri. ketika kami beristirahat ternyata dari jauh terlihat sosok yang tidak asing, akhirnya berjumpa saa dengan om achmad bashori, beliau pun juga akhir berhenti dan bercengkerama dengan kami sambil berbagi snack nya. setelah itu belian melanjutkan lagi perjalanan, dan kami ber tiga masih asyik duduk sambil menikmati roti dari mbak liya. sebenarnya saya harus ngebut duluan karena 3 tenda saya yang bawa, dan takutnya teman teman udah sampai duluan tetapi saya harus menemani mbak liya dan bu erny yang ngos ngosan. hingga akhirnya bu erny menyuruh saya untuk jalan duluan, dan saya pun berbegas meninggalkan mereka dan mengejar teman teman tepat sebelum jempatan yang dekat pos 3. dan ketika sampai pos 3 ternyata banyak teman teman yang istirahat disana termasuk bang ardi, akhirnya saya pasrahkan mbak liya dan bu erny ke bang ardi, dan saya melanjutkan lagi perjalanan ke ranu kumbolo.

selepas tanjakan di pos 3 kabut pun datang, gelap dan rintik hujan pun turun dan saya pun berhenti sambil menata rain cover dan memakai rain coat, kemudian melajutkan perjalanan lagi, dan sampai di pos empat akhirnya ketemu teman teman lagi, dan sebagian yang ikut teh fitri sudah di gorund camp ranu kumbolo. saya lanjtukan lagi dan sesaimpainya di ground camp teh fitri sudah mendirikan tenda yang dia bawa dengan di bantu teman teman yang lain, dan saya pun langsung mendirikan tenda yang saya bawa biar teman teman bisa menaru barang barang nya ketika sampai di ranu kumbolo, dan sejenak beristirahat. saya sampai ranu kumbolo sekitar pukul 14.30an. padahan yang lain katanya sudah menunggu sekitar 1-2 jam di pos 4. dan sambil menunggu ang lain dan 4 tenda sudah didirikan tinggal 1 tenda yang di bawa bang ardi. tinggal bang ardi , mbak liya dan bu erny yang belum sampai.

sedangkan 16 orang sudah di ranu kumbolo, sambil menikmati dengan membuat makanan serta minuman di sekitar tenda. hingga waktu hampir gelap, karena kepala saya yang agak pusing sayapun merebahkan sejenak di dalam tenda. hingga mulai gelap akhirnya mbak liya sampai dan bu erny sama bang ardi blum sampai, mereka menyuruh mbak liya duluan karena bu e nggak kuat. setelah kepala agak mendingan saya pun keluar tenda dan berkumpul dengan teman teman, sekitar pukul 18.30 akhirna bu erny, bang ardi datang bersama bang AB, mbak monic dan kang mardian prasmiko.

akhrnya semua sudah berkumpul, dan pasti sudah kelelahan bahkan sudah lapar, berkumpul, memasak makanan dan mebuat minuman seakan menepis lelah perjalanan. canda tawa pun menghiasi kebersamaan ini, dingin nya ranu kumbolo pun seakan tak di hiraukan, hingga malam pun semakin larut, dan bulan purnama menerangi malam itu dengan gemerlap bintang bintang dan saatnya kami pun harus terlelap dan beristirahat.