• Kawah Ijen, Danau Kawah Terasam Di Dunia


    Kawah Ijen terletak di antara kabupaten bondowoso dan banyuwangi,Propinsi Jawa Timur. kawah ijen menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing dengan fenomena api birunya (blue fiere) dan danau kawah yang berwarna hijau tosca.










    Kawah ijen yang berada di ketinggian 2.386 mdpl, merupakan kawah danau terbesar dipulau jawa, kawah berbentuk elips dengan ukuran kurang lebih 960 x 600 m dengan ketinggian permukaan air danau kurang lebih 2140 mdpl dengan kedalaman danau kurang lebih 200 m serta merupakan danau terasam didunia dengan ph 0,5.

    Pemandangan menjadi sangat unik ketika dari celah celah tebing curam terlihat begitu banyak para penambang belerang yang naik turun di sela-sela lereng kawah. dengan membawa beban antara 90 Kg - 120 Kg dengan di bantu sebuah keranjang bambu yang di pikul (engkrek). Mereka harus meyusuri jalan setapak dengan bebatuan yang tidak merata.





    Dari atas puncak, kita dapat melihat pemandangan yang menghampar luas kearah selat bali, serta pemandangan gunung lain yang ada di sekitar gunung ijen. Gunung ijen memiliki tetangga lain yaitu Gunung Merapi, Gunung Widodaren, Gunung Ranti dan Gunung Papak. Yang dapat dilihat dari pos paltuding. Bunga edelweis juga dapat ditemui di sepanjang bulan juli sampai september, dibulan-bulan ini bunga abadi ini mulai tumbuh dan bersemi.

    Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak kurang lebih 3 km. Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat karena menanjak. Sebagian besar jalur dengan kemiringan 25-35 derajat. Selain menanjak struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang. Setelah beritirahat di Pos Bunder ( pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran) jalur selanjutnya relatif agak landai. Selain itu wisatawan/pendaki di suguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu yang lumayan terjal sejauh 250 meter.


    0 komentar:

    Posting Komentar