• Mbolang Ke Air Terjun Madakaripura, Africa Van Java dan Bromo 6-8 Desember 2013 (2)

melanjutkan perjalanan menuju taman nasional baluran, waktu itu masih sekitar jam 2 siang. dan kami pun langsung beranjak dari air terjun madakaripura dan menuju africa van java. namun kembali lagi seperti saat berangkat di salah satu tanjakan kendaraan kami kembali bermasalah, dalam hati berkata kalau begini bagaimana bisa naik ke bromo. dan setelah semua peserta turun akhirnya berhasil melewati tanjakan itu.

Perjalanan di lanjutkan kembali, dan menjelang manghrib tepatnya sebelum payton ada sebuah kecelakaan truck yang mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang, dan akhirnya kami pun memilih untuk menepi di SPBU dan ISHOMA (istirahat, sholat dan makan) sambil menunggu kondisi jalan biar agak lancar dulu.

sekitar pukul 19:00 WIb perjalanan di lanjutkan kembali dan akhirnya sampai lah di gerbang taman nasional baluran sekitar jam 21:00 WIB, setelah melapor di pos pengamanan dan di cek di buku tamu kami pun langsung di ijinkan masuk meskipun sudah malam. dan kami langsung menuju penginapan di pantai bama yang berjarak 15 km dari pintu gerbang. satu jam lebih kita tempuh dan sesampainya di penginapan kami pun langsung mengistirahatkan badan dan membuat makanan serta minuman instant. sambi menikmati rembulan dan bintang di pantai bama. beralasakan pasir pantai dan berhiasakan bintang bintang. sangat indah malam itu, cuaca pun kembali bersahabat dengan kita. dan beberapa orang dari kami tertidur di pantai bama hingga esok, saat sang fajar datang.

sunrise pagi itu pun juga indah dan sang monyet pun turut menghibur kami. banyak cerita lucu dengan si monyet, mulai merebut makanan kami, mencoba mengangu kami serta tingkah lucu mereka yang membuat kami tertawa. waktu itu pantai bama surut dan membuat kami tidak bisa bermain kano atau snorkeling. dan setelah sarapan akhirnya kamipun menghabiskan waktu di savana bekol.

pemandangan yang indah kembali di perlihatkan oleh alam ini. alhamdulillah cuaca masih bersahabat dengan kami. panorama alam di savana bekol membuat kami kagum akan keindahan taman nasional baluran. meskipun nuansa africanya kurang karena savana ini berwarna hijau karena musim hujan. setelah berfoto dan menghabiskan waktu di savana bekol serta mengamati savana dari atas menara pandang.

selepas sholat dzuhur kami meninggalakan taman nasional baluran dan menuju bromo via wonokitri pasuruan. bagaimana sekilas perjalanan kami di bromo, akan saya paparkan pada postingan berikutnya.