• Oro Oro Ombo, Bunga Ungunya Bukan Lavender


    Oro Oro Ombo, mungkin nama ini tak asing buat pendaki gunung semeru. Setelah Ranu Kumbolo dan Tanjakan Cinta, terbentang padang rumput yang luas yang dinamakan oro-oro ombo. Oro-oro ombo dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang sangat indah, padang rumput luas dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus. 

    Semua Pendaki akan melewati kawasan ini sebelum ke puncak, belakangan ini di oro oro ombo nampak bunga indah, warna ungu menghiasi hampir 20 hektar kawasan ini. awalnya banyak yang mengira bunga ini adalah bunga lavender, tapi ternyata bukan. ganya kalau dari kejauhan warna ungunya menyerupai bunga lavender.


    Bungan Itu bernama Bunga Verbena Brasiliensis, Verbena brasiliensis berasal dari keluarga Verbenaceae yang merupakan tumbuhan semak tahunan atau berumur pendek. Tanaman ini tumbuh tegak setinggi antara 1,5 sampai 2 meter, dengan batang segi empat seperti keluarga Verbenaceae lainnya, serta berbulu kasar di tiap persegi. Cabang atas panjangnya 4-9 sentimeter, berpasangan, dan naik. Daun berpasangan (composit), berbentuk bulat memanjang yang sederhana dan bergerigi (serate), dengan panjang 4-10 sentimeter dan lebar antara 0,8 sampai 2,5 sentimeter. Perbungaan silinder pada ujung cabang (terminal), umumnya 3 silinder yang berukuran antara 0,5 sampai 7 sentimeter dan berdiameter antara 0,5 sampai 0,7 sentimeter. Bunga berwarna ungu yang muncul dari silinder perbungaan kadang-kadang tiga kuntum bersamaan. Verbena brasiliensis mereproduksi diri secara seksual dengan memproduksi benih. Tanaman ini mulai tumbuh, berbunga, hingga mengering sepanjang Januari-Agustus.

    Sekarang Oro Oro Ombo menjadi tempat narsis para pendaki, karena view pemandanganya yang memang indah, kombinasi warna ungu dengan latar pegunungan memberikan nuansa lanscape yang sangat indah.








    9 komentar:

    1. wuidiiih bagusnya. kurang bidadarinya aja nih

      BalasHapus
    2. apik tenan mas bro,
      biasane aku maen di 0 mdpl. Liat ini jd pengen munggah :D

      BalasHapus
    3. bunga lavender bisa buat ngusir nyamuk ya mas.. hehehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. kalau lavender iya bisa ngusir nyamuk, tp ini bukan

        Hapus
    4. wahhh...bagusnyaaaaa.

      BalasHapus
    5. Tahunya bunga warna ungu itu bunga lavender, ternyata bunga verbena yang harus dikendalikan populasinya

      BalasHapus