• Bolang Adventure,Mbolang Ke Curug Malela

Memulai perjalanan dari ibu kota tepatnya minggu 16 Maret 2014 pukul 00.00 Dari Stasiun pasar Senen dan Masjid Agung Al Azhar. Kami langsung menuju perkebunan teh di desa rongga bandung barat. perjalanan sejauh 6 jam akan kami tempuh dengan medan yang aduhai. sambil bermimpi indahnya the little Niagara of Indonesia. selepas tol cipularang kami keluar pintu padalarang dan langsung ambil arah cililin untuk menuju desa rongga. mulai disinilah perjalanan dengan akses yang cukup rusak harus kami lewati. sekitar jam 5 kami sampai di daerah gunung halu dan sholat subuh dan akhrnya sampai di rongga sekitar jam 6 pagi. kami mengisi perut dengan makanan ringan dan segelas teh hangat di warung pak rudi sebelum kita menuju curug malela dengan ojeg.

Kamipun Melanjutkan Perjalanan off road dengan ojeg menuju curug malela, perjalanan sejauh kurang lebih 10 km ini bisa di tempuh kurang lebih 30-60 menit. maklum jalannya off road. melewati perkebunan teh yang indah membuat mata menjadi melek. dan setelah kurang lebih 2 km kamipun harus bersiap menahan nafas untuk melewati jalur off road. untung para tukang ojegnya sudah berpengalaman melewati jalur tersebut. dan beruntung semalam tidak hujan. meskipun bekas hujan beberapa hari yang lalu masih ada dan genangan lumpur pun juga ada. beberapa sahabat bolang terpacu adrenalinnya melewati jalan off road tersebut. dan sesampainya di parkiran terakhir tepatnya di warung pak aep, kami istirahat sejenak sebelum tracking sejauh 3 km menuju curug malela.

sambil melepas lelah dan menghela nafas panjang selepas melewati jalanan yang luar biasa itu. dan mempersiapkan perbekalan untuk lanjut tracking menuju curug malela. di temani juga akang akang ojeg kami pun bersiap menjelajah curug malela. beruntung waktu itu masih pagi. terik matahari masih belum terlalu menyengat. kita harus menuruni bukit untuk sampai curug malela. tetapi jalur untuk menuju kesana sudah ada dan cukup baik. sekitar 45 menit

nampak dari kejauhan sepanjang perjalanan curug malela terlihat begitu kecil. langkah kaki terus berjalan, melewati persawahan yang indah. dan akhirnya kami pun sampai di curug malela yang indah. sebuah keindahan alam yang masih cukup tersembunyi dan alami. sungguh mempesona. puji syukur pun senantiasa selalu terucap. mengagungkan namamu atas segalah nikmat ini.

Mulai mengatur pose dan pada narsis deh. sambil bercengkerama dengan akang akang ojeg dan menikmati bekal yang kita bawa sebelumnya. waktu itu debit air cukup besar jadi harus berhati hati agar tidak jatuh ke arus sungai. dan bebatuan nya pun cukup licin jadi harus hati hati pula untuk melangkah.

Setelah puas bersantai menikmati keindahan Curug Malela, sambil ngobrol, foto foto dan menikmati makanan. saatnya kembali ke pos ojeg atau warung pak aeb. kali ini perjalanan harus di lewati dengan menanjak atau mendaki. cukup melelahkan memang saat tracking kembali, karena narus naik. kami pun beberapa kali beristirahat melepas lelah. 60 menit akhirnya kami sampai di warung pak ae.

lelah, dan lapar tentunya, dan makanan sudah di sediakan di warung pak aeb yang kami pesan sebelumnya. menu sederhana dengan suguhan alam yang indah membuatnya menjadi nikmat. setelah menyantap makanan dan melepas lelah sejenak. kamipun melanjutkan menuju desa rongga dengan ojeg. melewati jalur off road yang sama seperti berangkat. luar biasa perjalanan kali ini. dan sampailah pada warung pak rudi tempat dimana kami memarkir mobil kami. sampai dsini kami bersih bersih, sholat dzuhur dan ngemil. sekitar pukul 14.00 kami meninggalkan desa rongga dan kembali menuju jakarta.